Berita

    Featured Image

    Ketahui Bahaya Mengantuk Saat Mengemudi & Tips Menghindarinya

    Mengantuk saat mengemudi selalu menjadi sebuah problema bagi para pengemudi kendaraan. Pasalnya, hal ini bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena itu, rasa ngantuk pada saat mengemudi tidak boleh dibiarkan begitu saja.

    Melalui artikel ini, kami akan coba sampaikan apa saja bahaya mengantuk pada saat mengemudi dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu, mari kita cermati artikel ini bersama-sama!

    Bahaya Mengantuk saat Mengemudi

    Mengantuk pada saat berkendara bisa menjadi sebuah biang kecelakaan. Bahkan, menurut sebuah data mengantuk memegang angka yang cukup tinggi sebagai penyebab terjadinya kecelakaan. Setidaknya ada dua bahaya mengantuk saat mengemudi, yaitu:

    • Kecelakaan Tunggal 

    Bahaya pertama yang mungkin dialami oleh pengemudi yang mengantuk yaitu kecelakaan tunggal. Pengemudi yang mengantuk akan kehilangan fokusnya hingga mengalami microsleep. Tentunya, hal ini memiliki potensi kecelakaan yang cukup tinggi.

    Microsleep merupakan sebuah keadaan dimana pengemudi akan mengalami tidur singkat dalam durasi 4 sampai 10 detik. Meskipun tampak singkat, tapi dalam waktu tersebut pengemudi akan kehilangan kendali dan tidak menutup kemungkinan hal buruk dapat terjadi.

    • Kecelakaan Beruntun

    Tidak hanya kecelakaan tunggal, mengantuk saat berkendara juga dapat menyebabkan kecelakaan beruntun. Apalagi jika tanpa sadar pengemudi mempercepat laju kendaraan dan berhenti secara mendadak.

    5 Tips Agar Tidak Mengantuk saat Mengemudi

    Agar terhindar dari kecelakaan, kami ada sederet solusi mengantuk saat mengemudi yang bisa Anda coba. Berikut selengkapnya!

    • Istirahat yang Cukup

    Ketika akan berkendara dengan jarak yang cukup jauh, sebaiknya Anda beristirahat yang cukup. Siapkan fisik sebaik mungkin agar tidak mengantuk pada saat berkendara.

    Biasanya perjalanan jauh sudah direncanakan dari jauh-jauh hari. Jadi, Anda memiliki banyak kesempatan untuk mengatur pola istirahat dan tidur agar badan lebih fit dan segar saat mengemudi.

    • Hindari Minum Obat sebelum Berkendara

    Apabila kondisi tubuh sedang tidak dalam kondisi prima, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk tetap berkendara. Terlebih jika Anda baru saja mengonsumsi obat. Mengantuk saat mengemudi juga bisa disebabkan karena konsumsi obat.

    Pasalnya, ada beberapa jenis obat yang memiliki efek samping mengantuk. Tentunya ini akan sangat berbahaya jika Anda akan mengendarai kendaraan.