Berita

    Featured Image

    Kenali Jenis Wiper Mobil Sebelum Menggantinya

    Pada saat musim hujan tiba, keberadaan wiper mobil tentu sangatlah penting. Wiper akan membantu Anda mendapatkan penglihatan yang jelas pada saat berkendara sekalipun diterjang hujan. 

    Maka dari itu penting bagi Anda untuk memastikan wiper selalu dalam kondisi prima sehingga dapat menyapu air sekaligus kotoran yang ada pada kaca depan dan belakang mobil. Apabila sudah dirasa perlu diganti, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis wiper. Pahami juga masing-masing kelebihan dan kekurangannya untuk mendapatkan wiper yang tepat. 

    Jenis-jenis Pilihan Wiper Mobil  

    Wiper untuk mobil memiliki jenis yang berbeda-beda baik dari segi bentuk hingga fungsinya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini. 

    • Konvensional

    Wiper jenis ini merupakan jenis yang paling sering digunakan pada mobil terutama pada mobil-mobil keluaran lama. Wiper ini terdiri dari bracket dan karet. Untuk mobil keluaran terbaru, biasanya sudah tidak menggunakan wiper jenis ini.

    Rangka wiper jenis ini terbuat dari besi yang dikombinasikan dengan karet untuk menyerap air. Kekurangan dari wiper jenis ini adalah bentuk karetnya yang tidak dapat mengikuti lekukan kaca mobil sehingga akan terdapat bagian yang tidak tersentuh wiper.

    • Full Frame

    Jenis wiper yang satu ini juga cukup umum ditemukan pada kebanyakan jenis mobil. Wiper mobil jenis ini menyapu air menggunakan rangka karetnya yang terbuat dari besi. Kelebihan dari wiper ini adalah desainnya yang lebih kokoh. 

    Namun yang menjadi kekurangannya ialah gagangnya yang dapat membahayakan kaca mobil apabila karetnya mulai menipis. Maka dari itu Anda perlu mengeceknya lebih sering.

    • Frameless

    Wiper ini terbuat dari bahan plastik dan karetnya juga memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus dibandingkan wiper jenis konvensional. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih tenang ketika menggunakannya karena kecil kemungkinan merusak kaca mobil Anda. 

    Karet wipernya yang tipis akan mengikuti lekukan permukaan kaca mobil. Namun kekurangannya adalah Anda harus mengganti keseluruhan bagian wiper tersebut tidak bisa hanya mengganti karetnya saja. 

    • Flat-Blade

    Wiper ini memiliki kelebihan karena bobotnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis lainnya karena sebagian besar rangkanya terdiri dari besi pipih yang dikombinasikan dengan karet yang lentur dan ringan.