Berita

    Featured Image

    Velg Mobil Tiba-Tiba Retak? Ini Penyebabnya

    Velg merupakan salah satu komponen mobil yang perlu diperhatikan kondisinya. Apabila velg mengalami kerusakan, seperti misalnya velg retak, hal ini tentunya akan membuat berkendara menjadi tidak nyaman hingga bisa membahayakan.

    Oleh karena itu, apabila Anda menemukan tanda-tanda kerusakan pada velg mobil, Anda perlu segera bertindak untuk memperbaikinya sebelum kerusakan semakin parah.

    Artikel ini akan mencoba membahas tentang hal-hal yang bisa menjadi akar penyebab sebuah velg mobil menjadi retak. Baca uraian lengkapnya pada pembahasan berikut!

    5 Faktor Penyebab Velg Retak pada Mobil

    Komponen mobil, tidak terkecuali velg, apabila tidak dirawat dengan baik pasti akan rentan terhadap kerusakan. Kerusakan pada velg umumnya bisa terjadi dalam beberapa bentuk seperti misalnya lecet, retak, atau bahkan bisa sampai pecah. 

    Berikut ini akan dibahas tentang beberapa faktor yang bisa menyebabkan velg mobil menjadi retak. Faktor-faktor yang dimaksud antara lain, yaitu sebagai berikut:

    • Faktor Lubang

    Faktor pertama yang bisa menjadi penyebab velg mengalami kerusakan, seperti misalnya menjadi retak, yaitu diakibatkan oleh lubang.

    Patut diketahui bahwa lubang di jalan tidak hanya bisa ditemukan di jalan kampung saja melainkan bisa juga ditemukan di jalan tol.

    Untuk itu, Anda perlu tetap waspada dan sebisa mungkin selalu menghindari lubang. Pasalnya jika mobil Anda dipaksa untuk terus melaju di jalan berlubang, seberapa mahal harga dari velg yang digunakan, ia akan berkemungkinan rusak dan retak.

    • Faktor Jalanan yang Tidak Rata

    Masih berhubungan dengan medan jalan, hal lain yang juga bisa menyebabkan velg retak pada mobil, yaitu kondisi jalan yang tidak rata.

    aspal  jalan yang tidak rataFreepik.com

    Apabila mobil Anda melewati jalanan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi, maka hal inilah yang menyebabkan velg menjadi rusak.

    • Faktor Ban

    Apabila Anda ingin velg memiliki kondisi yang baik, maka sangat penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan kondisi ban yang digunakan.

    Pasalnya apabila ban yang digunakan kondisinya sudah jelek, maka ban tersebut tidak akan bisa melindungi velg dari benturan selama mobil digunakan berkendara.

    Jadi apabila Anda ingin mengganti velg, pastikan juga kondisi dari ban mobil Anda. Apabila sudah aus, segera ganti ban menjadi baru juga.

    • Faktor Tekanan Angin

    Velg retak juga bisa disebabkan karena faktor tekanan angin. Apabila tekanan angin pada ban sesuai, maka hal ini tidak akan berdampak pada velg

    Namun ketika tekanan angin pada ban kurang, hal ini bisa memicu keretakan pada velg, terutama saat mobil melewati jalanan yang berlubang atau jalanan yang tidak rata.

    Untuk mencegah masalah ini terjadi, maka Anda perlu rutin memeriksa tekanan angin pada ban, kalau dirasa sudah mulai mengurang, Anda bisa menambahkannya dengan segera.

    • Faktor Trotoar

    Meski bukan menjadi faktor penyebab yang utama, namun trotoar atau jenis pembatas lainnya juga bisa memicu velg mengalami keretakan. 

    Umumnya ini terjadi karena pengendara tidak awas dan mengacuhkan batas samping ban yang membuat ban menjadi mengenai sisi trotoar. Apabila tidak hati-hati, Anda bisa membuat velg menjadi retak atau bahkan pecah.

    Demikian penjelasan tentang beberapa faktor yang bisa menyebabkan velg mobil menjadi retak. Jika mobil Anda mengalami permasalahan yang serupa, maka Anda perlu mengunjungi bengkel untuk melakukan perbaikan atau penggantian velg baru.

    Salah satu rekomendasi bengkel tepercaya yang bisa membantu mengatasi permasalahan pada mobil Anda, seperti misalnya velg retak ini, Anda dapat menuju ke bengkel Suzuki.