Berita

    Featured Image

    Ada Aturannya! Ini Plus-Minus Penggunaan Bemper Tambahan

    Butuh pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk memasang bemper tambahan pada mobil. Pasalnya, panel tambahan ini selain menguntungkan juga bisa merugikan Anda. 

    Nilai plus-nya mobil akan terlihat lebih stylish namun dilain pihak Anda harus mengeluarkan dana ekstra. Sebenarnya, apa saja nilai plus dan minus dari penambahan bemper pada mobil? Berikut informasinya. 

    Keuntungan Menggunakan Aksesoris Bemper Tambahan

    Bemper mobil bukan hanya sekadar aksesoris belaka karena dengan memasang panel tambahan ini Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya adalah: 

    1. Perlindungan Ekstra

    Dengan memasang bemper ekstra pada mobil secara otomatis akan memberikan perlindungan tambahan. 

    Saat terjadi benturan, bahan material bemper yang kuat dan tebal mampu meredam benturan ringan sehingga komponen sensitif di dalamnya lebih terlindungi. 

    Selain itu, panel tambahan tersebut juga akan  meminimalisir terjadinya goresan pada bodi mobil serta melindungi penumpang dari cedera serius saat terjadi benturan ringan.

    1. Peningkatan Performa

    Keuntungan yang kedua adalah meningkatkan performa dan penanganan kendaraan sehingga tetap stabil meskipun dikemudikan dengan kecepatan tinggi. 

    1. Mobil Terlihat Lebih Stylish

    Keberadaan bemper ekstra juga membuat tampilan mobil lebih stylish dan sporty. Apalagi jika disertai dengan penambahan body kit lainnya seperti lip spoiler, diffuser, splitter, dan sebagainya. 

    Dengan kata lain, Anda bisa menciptakan kendaraan pribadi dengan kreasi sendiri sehingga terlihat berbeda dari mobil lainnya. 

    1. Meningkatkan Aerodinamika

    Dengan memasang bemper ekstra di bagian depan menjadikan mobil lebih aerodinamis. Ini dikarenakan aliran udara yang menerpa bagian depan mobil bisa diarahkan dengan lebih baik. 

    Selain itu, pemberian traksi juga menjadi lebih baik meskipun mobil dipacu dengan kecepatan tinggi. Ini dikarenakan bemper berfungsi sebagai pemberat dan elemen yang memecah gelombang angin agar mobil tetap bisa menginjak tanah. 

    1. Meningkatkan Standar Keamanan

    Satu lagi keuntungan memasang bemper tambahan yaitu meningkatkan standar keamanan. Namun, meskipun demikian tetap harus sesuai dengan ketentuan yang telah diatur oleh otoritas dan badan regulasi terkait. 

    Kerugian Menambahkan Aksesoris Bemper Pada Mobil

    Kerugian Menambahkan Aksesoris Bemper Pada MobilUnsplash.com

    Selain memberikan keuntungan, kehadiran bemper ekstra juga bisa merugikan Anda. Beberapa potensi kerugian yang mungkin terjadi diantaranya adalah: 

    1. Biaya Meningkat

    Dampak negatif atau kerugian pertama yang bisa dirasakan adalah meningkatnya biaya yang harus dikeluarkan demi mendapatkan bemper ekstra tersebut. 

    Sebab, selain biaya pembelian, Anda juga harus mengeluarkan dana ekstra untuk biaya pemasangannya. Apalagi aksesoris bemper ekstra tersebut memiliki ukuran yang tidak sesuai dengan lebar mobil atau berpotensi membahayakan sekeliling. 

    Bisa dipastikan Anda akan berpeluang untuk mengeluarkan dana ekstra untuk membayar denda karena semua hal terkait pemasangan perlengkapan kendaraan telah diatur dalam undang-undang.  

    1. Memengaruhi Garansi

    Kerugian kedua ketika memasang bemper ekstra pada mobil adalah bisa memengaruhi garansi pabrik. 

    Beberapa produsen otomotif menetapkan aturan untuk membatasi atau bahkan mencabut garansi yang diberikan apabila konsumen melakukan modifikasi eksterior pada mobil. 

    1. Modifikasi Struktural

    Kerugian berikutnya adalah timbulnya modifikasi struktural pada kendaraan saat memasang bemper ekstra, misalnya saja harus memotong bemper atau adanya penyesuaian terhadap sasis. 

    Kondisi tersebut bisa memengaruhi kekuatan struktural mobil sehingga pada kondisi tertentu berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan.  

    1. Perubahan Performa

    Kerugian yang terakhir adalah bisa memengaruhi performa kendaraan dan efisiensi bahan bakar. 

    Ini bisa terjadi jika bemper ekstra tidak dirancang atau dipasang dengan baik sehingga memengaruhi aerodinamika kendaraan yang berdampak pada efisiensi mobil menjadi kian berkurang. 

    Itulah nilai plus-minus jika memasang bemper ekstra. Buat Anda yang memiliki mobil Suzuki dan berencana untuk memasang bemper tambahan bisa mengunjungi website resmi Suzuki di https://suzuki.batara.co.id.