Berita

    Featured Image

    Tips Menghilangkan Bau Rokok di Mobil dan Kembali Wangi

    Menjaga kualitas udara di dalam mobil merupakan hal yang sangat penting sebab bisa mempengaruhi kenyaman penumpang. Bau rokok di mobil menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh pengemudi yang memiliki kebiasaan merokok di dalam mobil.

    Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil

    Bau rokok memang cenderung membekas dan sulit untuk dihilangkan. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut tips menghilangkan bau rokok di dalam mobil dan menjadikan mobil Anda kembali wangi. 

    1. Membersihkan Bagian Dalam Mobil

    Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan interior mobil Anda sebab bau rokok bisa menempel pada interior mobil sehingga menimbulkan bau tak sedap. 

    Keluarkan semua sampah dan barang-barang dari mobil Anda termasuk bekas putung rokok. 

    Kemudian bersihkan karpet, jok, dasbor dan seluruh interior mobil Anda. Untuk permukaan karpet Anda bisa menggunakan vacum cleaner. Sedangkan untuk jok yang berbahan kulit Anda bisa menggunakan pembersih khusus untuk jok berbahan kulit.

    Untuk membersihkan dasbor bisa dilakukan dengan memakai kain mikrofiber. 

    2. Mengeluarkan Udara Mobil

    Setelah membersihkan seluruh interior mobil, Anda bisa memarkirkan mobil Anda di tempat terbuka dan teduh. Kemudian buka seluruh pintu dan turunkan kaca mobil Anda dengan kondisi mesin mobil menyala selama kurang lebih 10 menit.

    Cara tersebut bisa membantu mengeluarkan udara yang tidak sedap termasuk pada AC mobil Anda. Jika sudah tidak tercium bau asap rokok maka Anda bisa menutup kembali pintu dan kaca mobil Anda.

    3. Menggunakan Baking Soda

    Tips berikutnya Anda bisa menggunakan baking soda yang terkenal dapat menyerap bau tidak sedap  termasuk bau rokok di dalam mobil. Cara menggunakan baking soda ini yaitu dengan cara menaburkan baking soda pada permukaan karpet sampai bawah jok.

    Unsplash.com

    Kemudian tunggu selama beberapa jam. Setelah itu, Anda bisa membersihkan baking soda dengan memakai vacum cleaner. 

    4. Memakai Penghilang Bau Alami

    Selain memakai baking soda, Anda bisa menetralkan bau rokok dengan menggunakan bahan alami seperti kopi, teh, kulit jeruk, kayu manis, dan vanilla. Anda bisa memilih aroma yang Anda suka.

    Adapun cara penggunaannya mudah sekali yaitu dengan cara menaburkan bubuk kopi pada karpet selama beberapa jam kemudian dibersihkan menggunakan vacum cleaner. 

    Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan meletakkan bahan alami tersebut pada mangkok atau wadah khusus kemudian meletakkannya di kabin mobil. 

    Selain memakai bahan alami, Anda juga bisa menggunakan air freshener mobil yang dijual di pasaran. 

    5. Memakai Air Purifier

    Anda juga bisa menghilangkan bau asap rokok di mobil dengan meletakkan air purifier. Air purifier efektif untuk membantu menyaring polutan dan kotoran serta menjernihkan udara di dalam mobil.

    Saat ini ada banyak sekali air purifier mobil yang bisa Anda dapatkan di toko baik toko online maupun offline.

    6. Mengendarai Mobil dengan Kaca Terbuka

    Terakhir cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau rokok berlebih adalah dengan menurunkan kaca mobil ketika Anda sedang merokok.

    Dengan menurunkan kaca mobil, sirkulasi udara bisa lancar dan asap rokok akan terbawa udara keluar dari mobil. 

    Sebelum menurunkan kaca mobil, Anda bisa mematikan AC terlebih dahulu. Pastikan kondisi jalanan tidak macet atau banyak debu ketika Anda hendak merokok dengan kaca mobil terbuka.

    Jika cara di atas sudah dilakukan namun bau rokok tak kunjung menghilang, Anda bisa konsultasi dan melakukan pembersihan interior mobil dengan cara mengunjungi suzuki.batara.co.id