Berita

    Featured Image

    Tips Melewati Jalan Tanah Berpasir agar Mobil tetap Awet

    Kondisi jalan tanah berpasir memang menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi mobil. Tidak hanya pengemudi, jalan berpasir juga menimbulkan tantangan bagi mesin, sistem kemudi, dan bahkan bodi mobil. 

    Pasir yang mengandung kerikil bisa saja terlempar mengenai kaca mobil. Selain itu, tanpa kewaspadaan yang penuh, mengendarai mobil di jalan berpasir bisa berakibat pada kecelakaan. Lantas, bagaimana tips melewati jalan berpasir?

    Tenang, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika melewati kondisi jalanan berpasir dengan kondisi mobil tetap prima. 

    Ketahui Tips Melewati Jalan Berpasir

    Hampir mirip dengan kondisi jalan pasca hujan, jalan berpasir tentu berbahaya. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengetahui tips berikut ini agar lebih waspada: 

    • Jaga Kecepatan Mobil

    Mempertahankan kecepatan mobil adalah kunci kewaspadaan saat melintasi jalan berpasir. Jika Anda mengemudi dengan kecepatan tinggi, ini dapat menyebabkan ban kehilangan traksi dan terjebak dalam pasir lembut.

    Akibatnya, mobil menjadi sulit bergerak. Selain sulit bergerak, hal ini juga berisiko pada kerusakan pada sistem suspensi dan kemudi karena goncangan yang kuat dari permukaan tidak rata.

    Oleh sebab itu, menjaga kecepatan agar tetap stabil adalah kunci untuk menjaga kendaraan tetap aman dan mengurangi risiko kerusakan yang dapat terjadi selama perjalanan. 

    • Pakai Teknik Mengemudi yang Halus

    Tips melewati jalan berpasir dan dengan kondisi area yang basah adalah menggunakan teknik berkendara yang smooth

    Saat mengemudi di jalan basah dan berpasir, ada potensi untuk mobil mengalami understeer atau oversteer jika pengemudi tidak hati-hati dalam mengendalikan mobilnya.

    Understeer adalah kondisi di mana mobil tidak mau berbelok sesuai dengan putaran kemudi yang diberikan oleh pengemudi. 

    Sebaliknya, oversteer merupakan kondisi ketika bagian belakang mobil kehilangan traksi lebih dulu dibandingkan bagian depan ketika pengemudi memutar kemudi.

    Oleh sebab itu, dibutuhkan teknik mengemudi yang halus dalam hal memutar kemudi agar mobil tetap terkendali saat dikendarai.

    • Jaga Jarak Aman

    Jalan tanah berpasir bisa dibilang menjadi medan yang penuh dengan tantangan sehingga Anda perlu jaga jarak aman. 

    Dengan menjaga jarak yang cukup antara mobil Anda dengan kendaraan di depan, Anda memiliki lebih banyak waktu dan ruang untuk bereaksi terhadap kondisi jalan yang berubah-ubah. 

    Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menghindari semburan pasir yang mungkin dilemparkan oleh mobil di depannya. Situasi ini tentu bisa merusak kaca atau bodi mobil Anda.

    • Hindari Rem Mendadak

    Jangan mengerem kendaraan Anda secara mendadak. Ini adalah tips melewati jalan berpasir yang penting untuk diperhatikan. 

    Saat Anda menggunakan rem secara tiba-tiba, ban mobil dapat terkunci. Hal ini menyebabkan mobil kehilangan traksi dengan permukaan pasir yang tidak stabil. Konsekuensinya, mobil Anda bisa sulit dikendalikan bahkan berpotensi terjebak dan tergelincir. Tentu berbahaya, bukan?

    rem mendadak

    Oleh sebab itu, gunakan rem secara bijak saat melintasi jalan tanah berpasir. Selain itu, mengerem mendadak juga dapat menyebabkan rem mobil cepat aus. Tekanan mendadak pada sistem rem dapat memicu overheating atau keausan komponen rem lebih awal dari yang seharusnya.

    • Jaga Ketenangan Diri dan Waspada

    Meski tips paling terakhir, ini tidak boleh ketinggalan. Saat melewati jalan berpasir ataupun terjal yang tidak kondusif, jagalah ketenangan diri Anda. 

    Ketenangan diri akan membuat Anda waspada saat melewati situasi jalan yang mungkin berubah-ubah. 

    Saat Anda merasa tenang, Anda juga dapat mengontrol kecepatan sekaligus penggunaan rem kendaraan. Bisa dikatakan bahwa, ketenangan diri adalah kunci utama saat melewati jalan berpasir yang penuh dengan tantangan. 

    Selain itu, jangan lupa untuk terus melakukan perawatan rutin pada mobil kesayangan Anda sebelum menerapkan tips melewati jalan berpasir  di atas.