Berita

    Featured Image

    Lampu Indikator Mobil Menyala Terus? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Kondisi lampu indikator mobil yang terus berkedip tanpa berhenti bisa jadi pertanda adanya kerusakan pada salah satu komponen kendaraan Anda.

    Sebab, lampu indikator yang ada di bagian dashboard tersebut diatur  akan menyala secara otomatis kunci mobil diputar ke posisi “On”.

    Jadi, jangan anggap enteng ketika lampu indikator pada mobil Anda terus menyala. Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Apa saja? Berikut ulasannya. 

    Hal yang Membuat Lampu Indikator Mobil Menyala Terus dan Cara Mengatasinya

    Ada berbagai macam hal yang bisa membuat lampu indikator terus berkedip. Bisa karena adanya kerusakan di bagian aki, sensor oksigen, filter, bagian busi, dan lain sebagainya. 

    Agar lampu indikator normal kembali Anda harus mengecek beberapa komponen yang mungkin bermasalah, termasuk mesin mobil. Berikut beberapa penyebab kenapa lampu indikator pada mobil bisa terus menyala dan cara mengatasinya. 

           1. Indikator Oli 

    Saat lampu indikator bergambar oli terus menyala, ini menandakan bahwa mesin mobil sedang kekurangan oli. Untuk permasalahan ini, Anda hanya perlu menambahkan olinya saja hingga batas yang ditentukan. 

    Selain kekurangan oli, bisa juga karena switch oli sedang bermasalah, tekanan sirkulasi yang berkurang, atau sudah saatnya melakukan penggantian oli baru. 

    Jika dibiarkan, maka kinerja mobil menjadi tidak maksimal dan bahkan mesin kendaraan akan cepat rusak. 

    Apabila oli sudah ditambah namun lampu indikator mobil menyala terus, sebaiknya segera kunjungi bengkel resmi terdekat agar bisa dicari sumber permasalahannya. 

           2. Indikator Aki

    Jika lampu indikator yang menyala adalah ikon aki atau baterai, ini artinya terdapat masalah yang perlu Anda cek di bagian aki. Ini bisa terjadi karena aki yang telah rusak,  kerusakan di bagian alternator, atau pemasangan kabel aki yang kurang tepat. 

    Untuk lebih jelasnya, akan lebih baik jika dilakukan pengecekan lebih lanjut dengan cara membawanya ke bengkel resmi terdekat. 

           3. Indikator Temperatur

    Jika lampu indikator mobil di bagian temperatur yang terus berkedip, ini menandakan bahwa suhu mesin terlalu panas (overheat). Saat indikator temperatur ini menyala terus, segera matikan radio, AC, dan sistem lainnya.