Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

    Mesin mobil cepat panas atau disebut juga dengan overheat dapat terjadi kapan saja dan menimpa siapapun. Overheat tidak hanya terjadi pada mobil lama. Mesin dari mobil keluaran baru juga bisa mengalami panas yang berlebih.

    Mesin mobil yang mudah panas menjadi sinyal adanya kerusakan pada komponen mobil. Karena suhu mesin yang terlalu cepat panas, bisa disebabkan oleh bagian tertentu dalam mesin sudah tidak bisa berfungsi dengan baik.

    Bila Anda menyadari mesin mobil lebih cepat panas dari biasanya, segera cari tahu apa yang menjadi penyebab suhu mesin mobil naik. 

    Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

    Sebenarnya mesin mobil tidak akan panas berlebihan, jika pemiliknya melakukan perawatan dengan rutin. Sedangkan mesin mobil yang mudah panas dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

    Jika Anda bisa lebih awal menemukan sumber masalahnya, Anda dapat memperbaiki kerusakan lebih cepat. Menjaga agar jangan sampai merusak komponen-komponen yang lain. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan mesin mobil lebih cepat panas:

    • Belum Mengganti Oli Mesin

    Oli mesin berperan sebagai pelumas mesin agar dapat bekerja dengan baik. Di samping itu mesin juga memiliki fungsi pendingin. Menjaga agar mesin mobil tidak mengalami overheat saat bergesekan.

    Mesin mobil yang cepat panas bisa disebabkan oleh jumlah oli yang berkurang dan kualitasnya menurun setelah pemakaian. Karena itulah oli mesin harus diganti secara berkala. 

    Selain itu kualitas oli yang dipakai juga berpengaruh. Jika dari awal Anda menggunakan oli mesin berkualitas rendah, mesin mobil bisa cepat panas. 

    • Radiator Mobil Rusak

    Radiator merupakan komponen yang memiliki fungsi menjaga suhu mesin mobil tetap stabil. Jadi saat radiator mengalami kerusakan bisa menyebabkan suhu mesin mobil yang cepat panas. 

    Kerusakan pada radiator misalnya terjadi kebocoran, sirkulasi air pada radiator tidak lancar, atau penggunaan cairan yang kurang tepat. 

    Masih banyak pengguna mobil yang menggunakan air mineral biasa untuk mengisi radiator. Padahal ada cairan khusus untuk radiator (radiator coolant), yang lebih ampuh menjaga suhu mesin mobil lebih stabil.

    • Thermostat Rusak

    Thermostat masih berkaitan dengan sistem kerja radiator. Komponen ini berperan mengukur suhu mesin mobil.  Ketika suhu mesin naik thermostat akan mengatur agar air di radiator mengalir ke mesin, untuk menurunkan suhu.