Berita

    Featured Image

    Kenali Penyebab Tangki Mobil Berkarat & Solusinya

    Tangki bensin berkarat bisa mempengaruhi kinerja sistem pembakaran kendaraan, jika terus dibiarkan. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebab dari tangki bensin mobil berkarat.

    Supaya Anda dapat mencegah bagian dalam tangki bensin mengalami korosi. Kemudian jika ternyata tangki bensin mobil Anda memang sudah berkarat, Anda tahu harus melakukan apa. Setelah itu lebih mudah untuk menjaga kondisi tangki bensin agar tidak berkarat kembali. 

    Penyebab Tangki Bensin Berkarat pada Mobil

    Sebagai tempat menampung bahan bakar, tangki bensin harus selalu ada dalam kondisi baik. Apabila muncul karat di bagian dalam tangki, beberapa hal di bawah ini bisa menjadi penyebabnya:

    • Kualitas Bahan Bakar

    Tipe mobil yang berbeda menggunakan jenis bahan bakar yang juga berbeda. Karena jika mobil menggunakan bensin dengan oktan yang tak sesuai akan mempengaruhi kinerja mesin dan konsumsi bensin jadi tidak efisien. 

    Selain itu, kualitas bahan bakar yang rendah bisa mempercepat korosi di dalam tangki bensin. Sehingga membuat tangki mobil mudah berkarat. 

    • Kondisi dari Tangki Bensin

    Partikel-partikel asing bisa mengakibatkan tersumbatnya saluran tangki bensin. Ketika saluran tangki bensin tersendat, korosi jadi lebih mudah terjadi. 

    Selain itu tangki bensin yang tidak terawat, bagian dindingnya lebih mudah mengalami kerusakan, yang akhirnya membuat tangki berkarat.

    Jumlah bensin di dalam tangki juga berpengaruh. Apabila mobil tidak digunakan dalam waktu lama dengan kondisi setengah kosong, tangki lebih mudah berkarat. Bensin yang disimpan terlalu lama di dalam tangki, apinya bisa menyebabkan karat. 

    • Lingkungan 

    Tangki bensin mudah berkarat jika berada di tempat yang lembab. Karena kondisi udara yang terlalu lembab bisa membuat proses korosi jadi lebih cepat. Apalagi jika mobil sering diparkirkan di area yang terbuka. 

    Perbedaan kondensasi serta suhu saat siang dan malam juga membuat karat muncul di dalam tangki. Selain itu jika ada infiltrasi dari air hujan saat mobil disimpan di luar ruangan juga bisa menjadi faktor eksternal yang memperburuk kondisi tangki. 

    • Sistem Kelistrikan

    Gangguan pada sistem kelistrikan mobil  juga dapat membuat tangki bensin berkarat. Misalnya terjadi korsleting yang menimbulkan arus pendek.