Berita

    Featured Image

    Ini Alasan Kenapa Penting untuk Menyimpan STNK & BPKB Mobil

    Menyimpan STNK dan BPKB mobil penting dilakukan. Sebab, dua dokumen tersebut merupakan bukti bahwa mobil yang Anda miliki legal menurut hukum. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), berbeda dengan BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor).

    Dalam STNK, informasi yang tercantum mulai dari nomor polisi, lalu nomor registrasi mobil, masa berlaku pajak, hingga nama Anda sebagai pemilik mobil. 

    Sedangkan, BPKB merupakan dokumen dengan informasi seperti nomor mesin, warna mobil, nomor rangka, tahun pembuatan, hingga nama pemilik. 

    Perbedaan informasi dalam dua dokumen tersebut pun menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus menyimpan keduanya. Alasan lebih lengkapnya, ketahui melalui pembahasan berikut!

    7 Alasan Pentingnya Menyimpan STNK dan BPKB Mobil

    STNK dan BPKB menjadi dokumen yang akan membantu Anda ketika terjadi pemeriksaan di perjalanan. Selain itu, BPKB dan STNK penting untuk disimpan karena alasan di bawah ini.

    • Sebagai Bukti Kepemilikan yang Sah

    Anda bisa mengandalkan BPKB serta STNK untuk membuktikan bahwa Anda adalah pemilik mobil yang sah menurut hukum. Tanpa keduanya, Anda mungkin akan sulit membuktikan kepada petugas kepolisian yang memeriksa di jalanan.

    • Sebagai Bukti Mobil telah Terdaftar

    Kemudian, menyimpan STNK dan BPKB mobil menjadi bukti yang menunjukkan bahwa kendaraan tersebut sudah terdaftar secara resmi di SAMSAT. 

    Selain itu, dokumen tersebut juga menjadi bukti bahwa Anda telah mengikuti aturan pembayaran pajak kendaraan yang berlaku. Anda pun akan memerlukan STNK dan BPKB ketika harus memperpanjang pajak kendaraan. 

    Risiko ketika Anda tidak menyimpan dua dokumen tersebut adalah dikenai sanksi atau pun denda dari pihak yang berwenang. 

    • Terhindar dari Konsekuensi Hukum

    Anda harus menyimpan STNK dan BPKB mobil agar menjadi modal untuk lolos dari konsekuensi hukum ketika terjadi situasi tidak terduga. Contohnya, ketika Anda terlibat kecelakaan lalu lintas.

     

    fungsi dokumen mobil

    Pexels.com