Berita

    Featured Image

    Simak Tips Mengemudi Mobil di Jalan Berlubang atau Rusak

    Ketika Anda mengemudi mobil di jalan berlubang, tentu tidak mungkin Anda selalu melewati jalanan yang mulus, ada kalanya Anda juga akan menjumpai jalanan berlubang atau jalan rusak. Jalanan berlubang perlu Anda waspadai, sebab dapat merusak komponen mobil dan membahayakan keselamatan Anda.

    Tips Mengemudi Mobil di Jalan Berlubang dengan Aman

    Nah, lalu bagaimana tips berkendara di jalanan berlubang atau rusak? Berikut ulasannya.

            1. Selalu Cek Mobil Sebelum Berkendara

    Mengecek kondisi mobil adalah hal wajib yang harus Anda lakukan sebelum berkendara ataupun travelling. Hal tersebut penting untuk menjaga kendaraan dan keselamatan terutama ketika Anda berkendara di jalanan yang buruk.

    Pastikan semua ban mobil Anda terisi angin dengan benar sehingga ketika Anda melewati jalanan yang rusak atau berlubang Anda tidak lepas kontrol dan ban Anda terhindar dari kerusakan. 

    Jangan lupa juga untuk mengecek rem dan suspensi mobil Anda. Pastikan komponen tersebut berfungsi dengan baik untuk mencegah tabrakan. 

            2. Batasi Kecepatan Mobil Anda

    Ketika berkendara melewati jalan yang buruk, Anda harus menurunkan dan membatasi kecepatan mobil Anda. Jika Anda memakai kecepatan tinggi ketika melewati jalanan berlubang hal tersebut dapat merusak atau merobek ban mobil Anda. 

    Apalagi jika jalanan tersebut terdapat genangan air maka dapat mengotori badan mobil serta kaca mobil Anda. Selain itu, berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan yang tidak beraspal juga beresiko menyebabkan mobil tergelincir.

    Tips mengemudi mobil di jalan berlubang lainnya yaitu jangan mengerem mendadak ketika ban tepat menabrak lubang. Sebaiknya turunkan kecepatan mobil terlebih dahulu dan rem mobil Anda secara perlahan tepat sebelum ban mengenai lubang. 

    Hal tersebut dapat membantu mencegah resiko kerusakan ban ketika mengenai jalanan yang rusak.

            3. Jaga Jarak dengan Kendaraan di Depan Anda

    Selain fokus pada jalanan yang berlubang, Anda juga tidak boleh lupa untuk selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan Anda. Jika terlalu dekat dengan kendaraan di depan Anda, khawatir dapat menghalangi pandangan Anda untuk melihat lubang dengan jelas.

    Dengan menjaga jarak aman, Anda akan dengan mudah melihat lubang di jalan sehingga dapat meningkatkan antisipasi Anda. Selain itu, menjaga jarak aman juga dapat mengurangi resiko benturan dengan kendaraan di depan Anda dan menjaga mobil dari bebatuan kecil yang terlempar dari kendaraan lain.