Berita

    Featured Image

    Tips Memilih Velg Mobil yang Cocok

    Masih banyak yang membeli velg mobil hanya demi mengejar agar tampilan kendaraannya terlihat indah dan mewah. 

    Padahal, fungsi velg cukup penting karena sebagai wadah ban dan menjaga rodanya tetap berada di posisi yang benar. Meskipun demikian, godaan untuk mengganti velg standar memang cukup besar. 

    Penggantian komponen ini sebenarnya boleh dilakukan asalkan tetap memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanannya. Lantas, velg seperti apa yang bagus dan cocok untuk dipilih? Berikut informasinya

    Begini Cara memilih Velg Mobil yang Tepat 

    Tidak boleh asal memasang velg modifikasi untuk menggantikan yang standar. Sebab, jika salah memilih dampaknya bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. 

    Agar bisa menemukan velg yang tepat, ada beberapa cara yang mudah dalam memilih aksesoris mobil ini, diantaranya adalah sebagai berikut: 

    • Gunakan Ban Berkualitas

    Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memilih velg adalah dengan menggunakan ban yang berkualitas. Sebab, kondisi ban memengaruhi kenyamanan saat berkendara. 

    Apalagi jika pilihan jatuh pada velg berukuran besar karena Anda harus menipiskan ukuran ban jika ingin menggunakan velg tersebut. 

    • Perhatikan Ukuran Velg

    Demi keamanan, pilihlah velg yang ukurannya tepat dan sesuai, tidak terlalu atau terlalu besar. Sebab, ukuran velg yang tidak sesuai mengakibatkan mobil tidak bisa melaju dengan stabil. Selain itu, kaki-kaki mobil juga akan bermasalah. 

    Bila tetap dipaksakan, maka beresiko oleng dan membahayakan pengguna jalan lainnya. Beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih ukuran velg diantaranya adalah: 

    • Lebar Velg

    Usahakan untuk tidak memilih velg modifikasi yang terlalu lebar melainkan tetap sesuaikan dengan spakbor mobil. Ini dimaksudkan agar velg modif tersebut tidak mengubah kaki-kaki mobil. 

    Sebagai gambaran, untuk mobil berukuran kecil sebaiknya menggunakan velg dengan lebar 7 inci, mobil medium 8 inci, sedangkan saloon 10 inci. 

    Pastikan untuk mengecek kembali setelah pemasangan untuk memastikan ukuran velg benar-benar sesuai. 

    • Diameter Velg

    Dalam memilih velg mobil yang tepat juga harus memperhatikan diameternya. Sebagai patokan jika ingin menggunakan velg berukuran besar, pilihlah yang selisih diameternya maksimal 2 inci dari velg standar.