Berita

    Featured Image

    Rekomendasi Ukuran Velg yang Cocok untuk Mobil City Car

    Tidak semua ukuran velg cocok dipasang di mobil jenis city car karena bodinya cukup compact sehingga tidak bisa memakai ukuran sembarangan. 

    Memakai velg yang tidak sesuai bisa menimbulkan masalah saat mobil bermanuver bahkan kemungkinan terburuknya dapat menyebabkan kecelakaan.

    Jika ingin berkendara dengan aman dan nyaman maka gunakan sebagai velg yang sesuai dengan tipe mobil. Berikut beberapa rekomendasi ukuran yang tepat untuk mobil jenis city car. 

    3 Ukuran Velg yang Sesuai untuk Mobil City Car

    Mobil city car umumnya mempunyai dimensi yang lumayan mungil sehingga terlihat lebih sporty dan ringkas. 

    Jenis mobil ini disukai anak muda karena tampilannya keren dan mudah dikendarai di jalanan perkotaan. Agar mobil tetap nyaman saat dikendarai sebaiknya gunakan velg dengan ukuran berikut.

    • Ring 16

    Ukuran yang paling ideal untuk mobil city car adalah velg ring 16, ukuran ini sangat pas dan tidak akan mengganggu akselerasi saat berkendara.

    Sekarang velg ring 16 tersedia dalam berbagai ukuran dan model jadi perlu bingung bagi yang ingin modifikasi mobil. 

    • Ring 15

    Rekomendasi selanjutnya adalah velg ring 15 yang ukurannya lebih kecil dari sebelumnya. Ukuran ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mempercantik mobil tanpa perlu mengorbankan kenyamanan. 

    • Ring 14

    Beberapa merek mobil city car menggunakan ukuran velg bawaan ring 14. Umumnya desainnya sangat sederhana sehingga banyak pemilik mobil yang ingin memodifikasinya. 

    Sebaiknya jangan mengganti ukuran ringnya agar mobil tetap bermanuver dengan baik. Sekarang velg ring 14 sudah tersedia dalam berbagai pilihan model yang cukup bervariasi. 

    Tips Memilih Velg yang Tepat

    tips memilih velg mobil

    Velg termasuk komponen mobil yang penting dan berpengaruh besar terhadap manuver kendaraan. Pemilihnya tidak boleh sembarangan agar tidak mempengaruhi kinerja kaki-kaki mobil, agar tidak salah pilih velg maka terapkan tips-tips berikut ini. 

    • Pertimbangan Load Maximum Velg

    Setiap velg mempunyai load maximum yang berbeda-beda meski ukurannya sama. Anda perlu menyesuaikannya dengan berat beban agar dapat berfungsi dengan baik. 

    • Hindari Diameter yang Terlalu Besar 

    Jika ingin memodifikasi velg sebaiknya jangan memilih diameter yang terlalu lebar, maksimal 2 inci dari ukuran standar (bawaan pabrik). Velg yang terlalu besar bisa membuat mobil lebih tinggi dan membuat bagian bannya berdempetan dengan bagian spakbor atau fender

    • Jangan Memilih Berdasarkan Beratnya

    Bobot sebuah velg tidak menjamin kualitasnya karena produsen sudah mempertimbangkan keseimbangan setiap fungsi di dalam komponen mobil. Lebih baik Anda memeriksa finishing dan permukaan velg untuk memastikan kondisi dan kualitasnya. 

    • Mengecek Kualitas 

    Cara mengecek kualitas velg sebenarnya cukup mudah, cukup siapkan obeng dan pukul bagian permukaannya. 

    Velg yang berkualitas umumnya mengeluarkan suara dengungan yang halus dalam waktu yang agak lama. Sementara velg yang kualitasnya buruk mengeluarkan suara dengungan yang keras tapi hanya terdengar dalam sekejap. 

    Kualitas suatu velg akan mempengaruhi kekuatan dan daya tahannya, semakin jelek kualitasnya maka semakin cepat rusak dan harus segera diganti. 

    Setelah membaca tips memilih velg mobil di atas, apakah Anda sudah paham cara memilih velg yang tepat? Pastikan memilih ukuran dan model velg yang sesuai dengan tipe mobil agar tetap nyaman saat dikendarai.