Berita

    Featured Image

    Penyebab Sasis Bawah Mobil Berkarat dan Cara Mengatasinya

    Masalah sasis bawah mobil berkarat tidak boleh diabaikan begitu saja. Masalah ini bisa bertambah parah dan mengganggu performa mobil Anda. 

    Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui apa saja faktor penyebab dari kondisi dini. Selain itu Anda juga perlu tahu apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.

    Penyebab Sasis Bawah Mobil Berkarat

    Karat pada sasis bawah mobil sudah pasti akan merusak estetika. Namun lebih dari itu, hal ini ternyata juga bisa menyebabkan masalah pada performa mobil Anda.

    Berikut adalah beberapa penyebab karat di bagian sasis bawah mobil yang perlu Anda waspadai.

    • Kurang Perawatan

    Penting sekali untuk selalu melakukan perawatan dan pembersihan mobil secara rutin. Jika tidak ada perawatan atau mobil tidak dibersihkan secara rutin maka masalah karat ini bisa muncul.

    • Paparan Lingkungan

    Pengaruh lingkungan jelas bisa meningkatkan risiko munculnya karat pada sasis bawah mobil Anda. Paparan zat kimia, suhu udara, juga kelembapan bisa menjadi pemicu karat.

    Pada dasarnya paparan lingkungan semacam ini memang sulit untuk dikontrol dan dihindari. Jadi salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin agar masalah karat lebih mudah dikontrol. 

    • Kerusakan Fisik

    Adanya kerusakan fisik seperti goresan dan benturan juga dapat memperbesar potensi munculnya karat. Itulah mengapa Anda sebaiknya berhati-hati saat menggunakan mobil demi menghindari adanya benturan dan kerusakan fisik.

    • Usia Pemakaian

    Tentunya usia pemakaian mobil juga sangat berpengaruh dalam hal ini. Semakin tua usia mobil maka akan semakin besar peluang muncul karat pada sasis bawah.

    Cara Mengatasi Sasis Bawah Mobil Berkarat

    Tentunya ada solusi yang bisa Anda ambil jika masalah ini terjadi. Pastikan karat pada sasis bawah mobil Anda benar-benar teratasi dengan baik untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

    Berikut adalah beberapa cara mengatasi karat pada sasis bawah mobil yang dapat Anda lakukan.

    • Lakukan Pembersihan

    Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan bagian sasis bawah mobil. Pembersihan ini dilakukan untuk mengetahui seperti apa karat yang muncul dan seberapa besar kerusakan terjadi.

    • Lakukan Pemeriksaan Menyeluruh

    Bawalah mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa secara menyeluruh. Hal ini sangat penting untuk dilakukan mengingat ada karat yang bisa memicu kerusakan dan keropos pada mobil Anda. 

    Saat dilakukan pemeriksaan menyeluruh ini, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak bengkel. Konsultasikan seperti apa kerusakan yang sudah terjadi pada sasis bawah mobil Anda agar bisa diambil langkah terbaik. 

    • Pilih Bahan Berkualitas untuk Mengganti Sasis

    Jika karat pada sasis bawah mobil sudah cukup parah maka dibutuhkan penggantian. Pastikan Anda memilih bahan berkualitas terbaik untuk mengganti bagian sasis agar tidak terjadi masalah karat yang berulang. 

    • Lakukan Perawatan secara Rutin

    Setelah selesai dengan masalah karat pada sasis bawah mobil, maka Anda perlu lebih berhati-hati. Lakukan perawatan secara rutin agar mobil Anda selalu terjaga dan bebas dari masalah karat. 

    Bersihkan mobil Anda secara rutin, hindari pemakaian yang melebihi kapasitas beban mobil, dan lakukan pemeriksaan berkala. Ini semua bisa membantu Anda terhindar dari masalah karat pada sasis yang cukup parah.