Berita

    Featured Image

    Mengenal Suzuki Sejarah Seri Mobil Ertiga

    Kehadiran Suzuki seri mobil Ertiga di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Mobil yang satu ini telah menjadi primadona di Indonesia sejak tahun 2012 lalu. Dengan tampilan eksterior yang gagah tangguh, mobil ini sering jadi pilihan keluarga. 

    Selama perjalanannya, mobil ini selalu berupaya memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia melalui produk-produk barunya. Oleh karena itu, tidak heran jika perjalanan mobil ini menarik untuk dikupas.

    Generasi Pertama Suzuki Seri Mobil Ertiga

    Generasi pertama Suzuki Ertiga di Indonesia hadir dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada tahun 2010. Mobil tersebut hadir dengan nama R-III. Dua tahun kemudian, Suzuki resmi meluncurkan Ertiga dan berhasil mencuri banyak perhatian.

    Dalam generasi pertama ini, Suzuki melakukan penyegaran tampilan sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2013 dan 2015. Pada tahun 2013, Suzuki menyematkan pilihan transmisi otomatis dan fitur AC Double Blower pada Ertiga GX dan GL.

    Berikutnya, pada tahun 2015 Suzuki meluncurkan New Ertiga dengan beberapa pembaruan eksterior, seperti pelek, gril, bumper, serta lampu belakang yang kini sudah mendapat reflektor. 

    Pada tahun yang sama, Suzuki juga merilis Suzuki Ertiga Dreza dengan tampilan yang mewah. Tujuannya yaitu untuk menjangkau keluarga Indonesia lebih luas.

    Suzuki Ertiga Varian Diesel Hybrid

    Pada tahun 2017, Suzuki seri Ertiga merilis varian Diesel Hybrid. Mobil ini dilengkapi mesin diesel 1.300 cc dan memiliki teknologi DDiS atau Diesel Direct Injection System. Teknologi tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 89 PS dan torsi 200 Nm.

    New Ertiga ini juga telah menggunakan sistem hybrid yang dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Hal ini menjadikan Suzuki sebagai pelopor otomotif yang menggunakan teknologi hybrid dengan kategori LMPV di Indonesia. 

    Generasi Kedua Seri Mobil Ertiga

    Pada tahun 2018,  Suzuki kembali merilis seri Ertiga yaitu All New Suzuki Ertiga pada ajang IIMS 2018. Mobil ini hadir dengan gaya yang lebih elegan dan sporty, berubah total dari generasi pendahulunya.

    Mobil ini memiliki ukuran kabin yang lebih luas. Selain itu, terdapat pembaruan pada mesin yang digunakan yaitu K15B dengan konfigurasi 4 silinder. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.462 cc disertai teknologi VVT dan DOHC.

    Suzuki Ertiga Facelift 2019

    Mobil yang satu ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 1 Februari 2019 dengan sejumlah peningkatan fitur. Mulai dari tipe GX yang sudah dilengkapi oleh new dual tone alloy wheels, wiring harness, rear defogger, dan beberapa tipe lainnya.

    All New Ertiga Suzuki Sport

    Pada Maret 2019, Suzuki Ertiga kembali merilis seri terbaru, yaitu All New Ertiga Suzuki Sport. Varian ini dianggap sebagai varian tertinggi pada seri All New Ertiga. 

    Mobil ini tampil dengan lebih tangguh, gagah, serta sporty berkat body kit dan new grille yang sporty. Tersedia juga beberapa fitur lainnya seperti rear defogger, new dual tone alloy wheels, DRL, dan masih banyak lagi.

    All New Ertiga Minor Change 2020

    Suzuki kembali menghadirkan pengembangan terbarunya pada tahun 2020. Ia menghadirkan sejumlah perubahan, seperti pada varian GX yang dilengkapi oleh head unit touch screen berukuran 8 inci dan luxurious instrument panel & dashboard with wooden pattern.

    Sementara itu, pada tipe GL dilengkapi dengan panel AC auto yang sudah dilengkapi dengan heater. Sebagai bentuk respon positif pada konsumen, Suzuki melengkapi armrest pada kursi baris kedua untuk tipe GX, GL, dan Suzuki Sport.

    All New Ertiga Hybrid

    Seri terbaru ini hadir dengan inovasi teknologi ramah lingkungan yang memadukan mesin bensin konvensional dengan motor listrik. Kendaraan ini menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan emisi gas buang yang lebih rendah, menjadikannya pilihan ideal bagi keluarga modern yang peduli terhadap lingkungan. 

    All New Ertiga Hybrid

    Desain eksteriornya elegan dan dinamis, dengan fitur-fitur canggih seperti lampu LED, grille yang lebih modern, dan pelek alloy yang stylish. Interiornya juga ditingkatkan dengan kenyamanan maksimal, dilengkapi dengan sistem infotainment terbaru, ruang kabin yang luas, serta kursi yang dapat diatur fleksibel. 

    Suzuki All New Ertiga Hybrid bukan hanya menawarkan performa yang handal, tetapi juga pengalaman berkendara yang lebih ekonomis dan berkelanjutan.

     

    Demikian sejarah perjalanan Suzuki seri mobil Ertiga yang saat ini masih banyak digemari di Indonesia. Mari temukan informasi menarik lainnya seputar otomotif hanya dengan mengakses laman suzuki.batara.co.id/berita!