Berita

    Featured Image

    Mengatasi Masalah Pintu Bagasi Mobil yang Tidak Bisa Dibuka

    Pintu bagasi mobil tidak bisa dibuka? Tentu hal ini dapat membuat Anda frustasi. Pasalnya bagasi mobil menawarkan keamanan dan kenyamanan untuk barang bawaan Anda saat berkendara. Maka dari itu, akan menjadi masalah jika sampai tidak berfungsi baik.

    Misalnya saja kenyamanan Anda saat berkendara menjadi terganggu karena barang bawaan yang seharusnya ada di bagasi, terpaksa dialihkan ke kabin. Nah, di sinilah Anda akan menyadari betapa pentingnya fungsi bagasi dan pintunya.

    Sebab-sebab Pintu Bagasi Mobil Tidak Bisa Dibuka

    Perlakuan kasar saat membuka atau menutup bagasi serta kurangnya menjaga kebersihan hidrolik adalah penyebab umum yang membuat bagasi tidak bisa dibuka. 

    Tindakan preventif yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai membiasakan diri untuk membuka atau menutupnya dengan perlahan dan rutin membersihkan bagian hidroliknya.

    Namun, jika tindakan tadi sudah Anda lakukan tapi pintu bagasi tetap mengalami kemacetan, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

    Terjadi Masalah pada Pengunci Elektronik

    Penting untuk memeriksa, apakah pengunci elektronik mengalami kerusakan? Karena hal ini dapat menyebabkan pintu bagasi mobil tidak mampu dibuka.

    Kerusakan yang terjadi biasanya meliputi gangguan pada sensor, masalah listrik dan mekanisme elektronik. Ketiga hal ini dapat menyebabkan bagasi tidak akan merespons saat Anda mencoba untuk membukanya dengan menggunakan pengunci elektronik tersebut.

    Putusnya Kabel atau Rusaknya Konektor

    Sistem pengontrol dan penguncian otomatis tentunya dihubungkan oleh banyak kabel dan konektor, sehingga pintu bagasi mobil tidak bisa dibuka jika terdapat masalah pada kabel atau konektornya.

    Faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan pada kabel atau konektor biasanya terjadi karena adanya kerusakan fisik atau kesalahan saat pemasangan, akibatnya aliran listrik yang dibutuhkan untuk membuka bagasi menjadi terhambat.

    Adanya Karat atau Korosi

    Timbulnya karat atau korosi pada bagian penting dalam mekanisme bagasi menjadi ancaman tersendiri, karena gesekan yang buruk pada komponen penguncian bisa menyebabkan terhambatnya pembukaan bagasi.