Berita

    Featured Image

    Cara Mudah Menghilangkan Bekas Stiker Pada Kaca Mobil

    Punya hobi memasang stiker pada mobil? Stiker yang dipasang pada kaca atau bodi mobil tujuannya mempercantik mobil. Namun, saat ingin menggantinya dengan stiker terbaru, seringkali bekas stiker yang lama masih menempel. Salah satu hal yang paling dihindari oleh para pemilik mobil adalah mobil kesayangan mereka tidak terlihat mulus, seperti adanya bekas stiker yang tampak mengganggu.

    Anda tidak perlu khawatir. Ternyata, ada cara mudah untuk menghilangkan bekas stiker tanpa merusak bodi mobil. Jadi, tidak perlu datang ke bengkel karena bisa dikerjakan di rumah.

            1. Gunakan WD-40

    Cara pertama untuk membersihkan bekas stiker adalah menggunakan WD-40. Alat- alat yang perlu dipersiapkan tentunya WD-40 dan kain bersih. Langkah pertama coba semprotkan WD-40 ke kain, lalu gosok bagian mobil yang terdapat bekas stiker dengan perlahan.

    Saat kain sudah mulai kotor atau kering, semprotkan lagi WD-40. Lakukan langkah tersebut sampai semua bekas stiker yang menempel hilang. Langkah terakhir, gosok dengan kain kering yang bersih. Jika tidak memiliki WD-40, Anda bisa menggunakan cairan lain seperti minyak kayu putih. Namun, jika menggunakan minyak kayu putih, akan meninggalkan baunya meskipun permukaan mobil menjadi bersih dan tampak seperti baru.

            2. Gunakan Adhesive Remover

    Banyak orang menyebut adhesive remover dengan pembersih lem. Dari namanya, jelas produk ini memang untuk menghilangkan bahan perekat, seperti getah, bekas lem, dan kotoran lengket lainnya. Sama seperti aseton, produk ini bersifat melarutkan sehingga sebaiknya dipakai hanya pada bagian kaca mobil yang ditempeli stiker.

    Alat-alat yang perlu dipersiapkan adalah adhesive remover dan kain bersih. Langkah pertama, taruh kain di sekitar bagian stiker yang ingin dilepas. Lalu, semprotkan adhesive remover hingga merata. Diamkan beberapa menit dan gunakan kain lain untuk menggosok sisa lem stiker. Ulangi langkah tersebut hingga bekas stiker benar-benar hilang.

            3. Menggunakan Minyak Tanah atau Bensin

    Cara lainnya untuk menghilangkan bekas stiker pada mobil adalah menggunakan minyak tanah atau bensin. Alat-alat yang perlu dipersiapkan adalah minyak tanah atau bensin, kuas, plastik pembungkus, lap microfiber, sabun cuci piring, dan exterior cleaner.

    Langkah pertama, oleskan minyak tanah atau bensin pada stiker mobil yang akan dilepas. Lalu, tutup permukaan stiker yang telah dioleskan dengan plastik pembungkus selama 10 menit agar tidak menguap.