Berita

    Featured Image

    Cara Mengatasi Wiper Macet atau Sering Mati

    Kebanyakan pemilik mobil jarang memperhatikan bagian wiper mobilnya karena dianggap tidak terlalu penting. Saat musim hujan tiba barulah sadar jika wiper sering mati dan macet saat dihidupkan. 

    Itu tandanya wiper mobil rusak dan perlu mendapat perbaikan agar dapat berfungsi seperti semula. Jika tidak segera ditangani Anda akan kesulitan melihat ke arah depan saat berkendara di cuaca hujan. 

    Apa Penyebab Wiper Sering Mati?

    Sebelum menangani masalah ini cari tahu dulu penyebabnya agar menemukan cara yang tepat. Wiper mobil tersusun dari beberapa komponen yaitu wiper blade, motor wiper, wiper arm, wiper link, dan sakelar wiper.

    Ketika wiper macet atau mati, itu artinya ada komponen yang rusak dan memerlukan perbaikan. Berikut beberapa penyebab wiper mobil macet atau mati yang sering terjadi: 

    • Bagian mur pivot mulai kendur;

    • Fuse atau sekring rusak karena terbakar;

    • Motor wiper tidak berfungsi;

    • Karet atau wiper blade mengalami kerusakan.

    Cara Menangani Wiper Mobil Rusak 

    Mengatasi wiper mobil yang rusak harus dilakukan sesuai pemicunya/penyebabnya. Berikut ini beberapa cara mengatasi wiper mobil rusak berdasarkan penyebabnya:

    • Mengganti Sekring atau Fuse

    Jika wiper sering mati atau tidak berfungsi karena bagian sekringnya rusak, maka Anda harus mengganti bagian tersebut dengan yang baru. Mengganti sekring wiper mungkin akan sedikit sulit karena di setiap mobil letaknya berbeda-beda. 

    Agar tidak salah lebih baik buka buku manual mobil terlebih dahulu agar mendapat titik lokasi yang tepat. Kebanyakan produsen mobil meletakkan sekring wiper di bagian bawah dashboard dan di dekat setir kemudi. 

    • Memeriksa Motor Penggerak Wiper

    Jika kondisi wiper secara keseluruhan masih dalam kondisi bagus, kemungkinan kerusakannya disebabkan karena motor penggerak sudah tidak berfungsi. 

     

    memeriksa kondisi wiper

    Freepik.com

    Bila terbukti motor penggeraknya bermasalah sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar kembali berfungsi seperti semula. 

    Mengganti motor penggerak wiper tergolong cukup sulit terutama bagi orang yang tidak berpengalaman dalam perbaikan mesin mobil. Karena Anda harus membongkar bagian penutupnya dengan hati-hati. 

    • Mengganti Karet Wiper yang Rusak

    Wiper sering mati atau macet juga bisa disebabkan karena bagian karetnya sudah retak dan tidak lentur lagi. Karet wiper yang sudah terlalu lama dipakai akan berubah menjadi keras, longgar, bahkan robek. 

    Cara mengatasinya cukup mudah karena Anda hanya perlu mengganti bagian karetnya dengan yang baru. Idealnya karet wiper harus diganti setiap 6 bulan sekali agar fungsinya tetap terjaga dengan baik. 

    • Mengencangkan Mur Pivot secara Rutin

    Jika wiper macet karena disebabkan mur Pivot mengendur, maka Anda cukup mengatasinya dengan mengencangkan bagian murnya. Setelah Bagian murnya dikencangkan, wiper akan kembali bekerja seperti semula. 

    • Melembutkan Karet Wiper yang Mengeras

    Anda tidak perlu mengganti karet wiper jika penyebabnya karena karetnya mengeras. Karet wiper yang mengeras bisa dilembutkan sendiri di rumah tanpa perlu ke bengkel. 

    Caranya sangat mudah, rendam karet wiper ke dalam air cuka putih asli tanpa campuran, mengolesinya dengan minyak zaitun atau lilin. 

    • Membawanya ke Bengkel

    Jika Anda tidak punya waktu untuk memperbaikinya sendiri di rumah, maka cara praktisnya yaitu dengan membawanya ke bengkel. Anda tidak perlu pusing memperbaikinya cukup tunggu dan mekanik akan memperbaikinya. 

    Itulah tadi cara mengatasi wiper sering macet dan mati yang bisa Anda lakukan. Jika ingin melakukan cara yang terakhir, sebaiknya lakukan di bengkel resmi Suzuki terdekat agar mendapat penanganan dari teknisi ahli. 

    Masalah wiper sering mati akan teratasi dengan baik dalam waktu singkat tanpa perlu pusing. Selain itu Anda akan mendapatkan komponen sparepart wiper asli yang terjamin ketahanannya.