Berita

    Featured Image

    Alat-alat yang Wajib Anda Miliki untuk Camping dengan Mobil

    Beberapa waktu ini, mobil camping menjadi salah satu tren yang banyak digandrungi. Banyak orang yang mulai berkemah menggunakan mobilnya sendiri dan memodifikasi mobil mereka sedemikian rupa agar mobil tersebut nyaman digunakan untuk berkemah.

    Untuk bisa berkemah menggunakan mobil, tentunya ada beberapa peralatan yang mesti disiapkan. Mulai dari tenda khusus, meja, dan masih banyak lagi. Agar tidak ada yang ketinggalan, intip peralatan selengkapnya di bawah ini!

    9 Alat dan Perlengkapan Mobil Camping yang Harus Dibawa

    Pergi berkemah tidak sama seperti pergi jalan-jalan biasanya. Pasalnya, ada beberapa perlengkapan yang mesti dibawa dan tidak boleh ketinggalan. Adapun beberapa peralatan tersebut di antaranya:

    • Tenda Side Awning

    Tenda side awning merupakan tenda yang dipasang di samping mobil. Tenda ini terpasang dengan dua buah tiang penyangga. Tenda ini berguna untuk meluaskan area ruang ketika Anda berkemah menggunakan mobil.

    • Tenda

    Meskipun sudah ada mobil sebagai area tertutup, sebaiknya Anda tetap membawa tenda tambahan untuk tempat tidur. Anda mungkin bisa saja tidur di dalam mobil, tapi sepertinya akan kurang nyaman.

    • Sleeping Bag dan Matras

    Sleeping bag dan matras merupakan dua barang yang tidak boleh ketinggalan ketika pergi berkemah. Meskipun sudah menggunakan mobil camping, Anda tetap membutuhkan kedua benda ini agar bisa tidur nyenyak.

     

    sleeping bag

    Unsplash.com

    • Alat Masak dan Alat Makan

    Jangan lupa membawa peralatan masak ketika pergi berkemah menggunakan mobil. Beberapa peralatan masak yang bisa Anda bawah di antaranya kompor portable, nesting, dan beberapa alat makan. 

    Pastikan alat masak yang Anda bawa bentuknya ringkas agar tidak ribet dan memakan banyak ruang.

    • Alat Mencuci

    Alat masak dan alat makan yang sudah digunakan tentu harus dicuci. Oleh karena itu, alat mencuci juga jangan sampai ketinggalan. Anda bisa membawa sabun cuci, busa, dan ember kecil.

    • Grill Pan

    Berkemah akan terasa lebih menyenangkan bila sambil menghabiskan waktu untuk memasak barbeque. Jadi, alat yang satu ini sebaiknya jangan ketinggalan. Selain bisa membuat makanan yang enak, kedekatan antar sesama juga bisa lebih terasa.

    • Jaket 

    Jaket sangat dibutuhkan ketika berkemah untuk menjaga suhu tubuh tetap dalam keadaan hangat. Seperti yang diketahui, ketika malam tiba suhu udara akan lebih dingin. Terlebih bila Anda berkemah di area pegunungan.

    • Kursi dan Meja Lipat

    Selain jaket, perlengkapan lainnya yang harus ada di mobil camping yaitu kursi dan meja lipat. Kedua barang ini sangat ringkas sehingga tidak akan memakan banyak tempat ketika dibawa.

     

    meja dan kursi lipat camping

    Unsplash.com

    Kursi dan meja lipat akan berguna ketika Anda menyiapkan makanan atau ingin bersantai di area kemah. Anda bisa mendapatkannya di toko perkakas atau marketplace.

    • Tempat Sampah

    Jangan lupa membawa tempat sampah ketika pergi berkemah. Pasalnya, akan ada banyak sampah yang kita bawa ketika berkemah. Jadi, pastikan Anda sudah menyediakan tempat untuk membuangnya. 

    Jangan sampai ketika Anda pulang dari tempat tersebut, banyak sampah berserakan. Tentunya ini dapat merusak lingkungan tersebut dan mengganggu keindahannya. 

    Alangkah baiknya, jika sampah tersebut dibawa kembali dan dibuang di tempat seharusnya.

    Demikian beberapa perlengkapan yang harus dibawa ketika pergi berkemah menggunakan mobil camping. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan yang kiranya diperlukan untuk berjaga-jaga, seperti tolak angin, minyak kayu putih, dan sebagainya.