Website Resmi SURYA BATARA MAHKOTA

Berita

Kumpulan informasi terbaru dari Suzuki hingga tips dan trik berkendara ada disini.

    Banner Image Mobile Banner Image

    Ketahui Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil & Fungsinya

    Sesuai namanya, sistem pendingin mobil atau cooling system berperan penting untuk menjaga suhu kendaraan tetap stabil, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Dengan menjaga suhu mesin tetap stabil, maka kondisi overheating atau kenaikan panas ekstrim bisa dicegah.

    Pasalnya, kondisi mesin yang mengalami overheating bisa ikut merusak komponen mobil lainnya. Oleh karena itu, penting bagi para pengendara mobil untuk mengetahui bagaimana cara kerja dan apa saja fungsi penting dari sistem pendingin pada mobilnya.

    Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil

    Cara kerja dari cooling system mobil pada dasarnya adalah dengan mengeluarkan suhu panas dari mesin untuk menjaga temperatur keseluruhan tetap stabil. Untuk menjalankan cara kerjanya, sistem ini didukung oleh komponen lain, salah satunya yaitu radiator.

    Terdapat pula komponen pendukung lainnya seperti kipas pendingin, thermostat, dan cairan pendingin. Cairan pendingin akan dipompa dari tangki menuju mesin melalui selang yang bergerak melalui lubang-lubang kecil mesin agar tetap dingin dan terhindari dari overheating.